Apa Yang Dimaksud Dengan Pertobatan

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, arti Pertobatan adalah sehubungan dengan hal "sadar dan menyesal akan dosa" namun arti lain dari pertobatan adalah “menerima Kristus” yang adalah suatu hal yang mencakup tindakan dari dua pihak – saudara dan Allah (Pola Hidup Kristen). Bisa dikatakan Pertobatan merupakan suatu proses yang berkesinambungan. Kita menjadi lebih terlibat dengan Yesus hari demi hari. Sesungguhnya, dalam pertobatan terdapat faset ini: (1) Kesadaran akan Kesalahan (2) Dukacita yang sungguh-sungguh yang menantikan pembersihan (3) Kerinduan yang baru akan Allah (4) Perubahan Tindakan (ini adalah tindakan Demonstrasi pertobatan yang paling kelihatan). ketidaksediaan untuk memuliakan Allah, seperti halnya wajah yang membatu, menandakan tidak adanya pertobatan (bd. Why. 16:9). Untuk mendapat gambaran tentang Pertobatan, maka sumber yang paling dikenal terdapat dalam Mazmur 51 yang memaparkan anatomi Jiwa dan Emosi si pendosa.

Tindakan inilah yang disebut sebagai awal mula menjadi orang Kristen. Pada waktu seseorang bertobat, ia oleh iman kepada Kristus (dengan menaruh seluruh kepercayaan dan bersandar padaNya, yakin dan sepenuhnya bergantung kepada-Nya), berbalik kepada Allah dan meninggalkan hidupnya yang terisolasi dan yang memberontak terhadap Allah (Ibr. 11:1, 6; Kis. 26:20).

Dosa menimbulkan: Keterasingan dari Allah, Pemberontakan terhadap penguasaanNya,Berbagai kegiatan, sikap dan tindakan yang dilakukan tanpa rasa hormat kepada Dia.

Allah meminta kita untuk menerima: Bimbingan dan pengaturanNya atas hidup kita, PandanganNya, Sumber kekuatanNya.

Saudara harus mengarahkan pikiran saudara: Menjauhi dosa, Menuju Allah.


Pustaka Utama:

Alkitab, LAI

Pola Hidup Kristen

Kamus Gambaran Alkitab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar