Bagaimana Dapat Yakin Bahwa Saya Telah Diselamatkan

Pertanyaan ini timbul oleh karena seseorang tidak selalu merasa sudah diselamatkan. Akan ada saat-saat dalam perjalanan kekristenan ketika seseorang tidak merasa dekat dengan Tuhan, ketika tidak merasa bahwa dia telah menjadi orang Kristen atau ketika dalam kehidupannya hanya merasakan “banyak ocehan” orang Kristen.

Tetapi keselamatan kita tidak didasarkan pada perasaan. Kita tidak memerlukan adanya perasaan yang hangat untuk memastikan bahwa Allah ada bersama kita; yang kita perlukan hanyalah iman.


Jikalau saudara merasa seperti tersebut di atas, ajukanlah dua pertanyaan ini kepada diri saudara: (1) Apakah saya benar-benar mempercayai apa yang menurut Allah diperlukan untuk bisa diselamatkan (Yoh. 3:16)? (2) Apakah saya bersungguh-sungguh waktu saya meminta Yesus masuk dalam hidup saya? Jikalau saudara bisa berkata ya, maka saudara siap untuk memeriksa Firman Allah dan menemukan jaminan untuk iman saudara. 


Saudara memiliki keselamatan dan kehidupan kekal karena apa yang Yesus lakukan bagi saudara (1Yoh. 5:11-12). Allah telah menunjukkan kasihNya kepada saudara dengan jalan memberikan kehidupan kekal (Roma 5:8). Dosa-dosa saudara telah ditebus dan saudara memiliki Roh KudusNya (1Pet. 3:18).


Jikalau saudara menerima Dia, saudara adalah anakNya (Yoh. 1:12). Bila saudara percaya kepada Yesus Kristus, saudara mempunyai hidup yang kekal dan saudara tidak bersalah di hadapan Tuhan (Yoh. 5:24). Tidak ada seorangpun yang bisa merebut saudara dari Dia (Yoh. 10:27-29).


Saudara telah memulai suatu kehidupan baru (2Kor. 5:17). Mungkin saudara tidak selalu merasa baru dan berbeda, tetapi saudara dapat mempercayai janji-janji Allah kepada saudara.


Pustaka Utama:

Alkitab, LAI (2007)

Pola Hidup Kristen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar